KONTRIBUSI KONSEP DIRI, PERAN ORANG TUA, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMP AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Oleh: RIDZAL EFENDI
S2 – Teknologi Pendidikan
Dibuat: 2007-05-09 , dengan 1 file(s).

Keywords: Konsep diri, peran orang tua, kemandirian belajar, hasil belajar
Subject: HASIL BELAJAR

ABSTRak :

Secara umum tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi variabel konsep diri, peran orang tua, dan kemandirian belajar terhadap variabel basil belajar PAI pada siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Sedangkan secara khusus bertujuan: I) untuk mengetahui kontribusi konsep diri terhadap basil belajar PAI, 2) untuk mengetahui kontribusi peran orang tua terhadap basil belajar PAI, 3) untuk mengetahui kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar PAI, 4) untuk mengetahui kontribusi konsep diri, peran orang tua, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap basil belajar dalam mata pelajaran PAI.

Penelitian ini termasuk penelitan korelasional dengan menggunakan metode survey. Populasi yang dijangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung. Sampel penelitian sebanyak 60 orang yang ditetapkan secara Proportional random sampling. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah basil belajar PAI (Y), sedangkan, variabel bebasnya adalah konsep diri (XI); peran orang tua (X2); dan kemandirian belajar (X3). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri atas: 1) instrumen tes berbentuk tes basil belajar untuk menjaring data basil belajar PAI, 2) instrumen non tes berbentuk angket untuk menjaring data konsep diri, peran orang tua, dan kemandirian belajar. Teknik analisis data regresi linier dan korelasi sederhana, regresi linier ganda (multiple regression), serta korelasi parsial dengan uji persyaratan normalitas, homogenitas, dan linieritas.
menunjukkan bahwa:

Pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan basil belajar PAI, hal ini berarti terdapat kontribusi konsep diri terhadap basil belajar PAI. Koefisien korelasinya sebesar 0,518 dan koefisien determinasi sebesar 0,268, maka dapat dikatakan bahwa sekitar 26,8% varian skor basil belajar PAI siswa ditentukan oleh varibel konsep diri melalui persamaan regresi Y = -1,795 + 0,207 Xi.
Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan basil belajar PAI, hal ini berarti terdapat kontribusi peran orang tua terhadap basil belajar PAI. Koefisien korelasinya sebesar 0,498 dan koefisien determinasi sebesar 0,248 maka dapat dikatakan bahwa sekitar 24,8% varian skor basil belajar PAI siswa ditentukan oleh varibel peran orang tua melalui persamaan regresi Y = 3,685 + 0,171 X2.
Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan basil belajar PAI, hal ini berarti terdapat kontribusi kemandirian belajar terhadap basil belajar PAI. Koefisien korelasinya sebesar 0,631 dan koefisien determinasi sebesar 0,398, maka dapat dikatakan bahwa sekitar 39,8% varian skor basil belajar PAI siswa ditentukan oleh varibel kemandirian belajar melalui persamaan regresi Y = 25,856 + 0,346 X3.
Keempat, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri, peran orang tua, dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan basil belajar PAI, hal ini berarti terdapat kontribusi konsep diri, peran orang tua, dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap basil belajar PAI. Koefisien korelasinya sebesar 0,742 dan koefisien determinasi sebesar 0,551, maka dapat dikatakan bahwa sekitar 55,1% varian skor basil belajar PAI siswa ditentukan oleh varibel konsep diri, peran orang tua, dan kemandirian belajar secara bersama-sama melalui persamaan regresi Y = -42,213 + 0,135 X I + 0,059 X2 + 0,252 X3.

Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan masukan bagi orang tua, kepala sekolah sebagai pengambil keputusan di sekolah yang dipimpin; guru sebagai bahan refrensi dan informasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan tanggung jawab dan motivasi kerja; bagi masyarakat basil penelitian ini sebagai bahan masukkan untuk menciptakan peran strategis di sekolah, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan basil belajar siswr dalam mata pelajaran PAI.

Translation:
ABSTRACT :

Generally, the aims of the research are for knowing contribution in personality concept variable, parent role and self study to the result of Islamic education (PAI) on the VIII class students of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung nevertheless, the focus research are bound for knowing: I) personality concept contribution to the result of Islamic education, 2) self study contribution to the result of Islamic education, 3) parent role contribution to the result of Islamic education, 4) personality concept, parent role, self study alltogether to the result of Islamic education.

The research include to the corelational research by using survey method. The oblect population are all of the students SMP Al-Kautsar on the VIII class. The researh sample are sixty students. It is bound by proportional random sampling. The definite variable used the result of islamic education (XI), parent role (X2), and self study (X3). The instrument for gathering the data above are : I) test instrument the form is the test model of the result study. It is used for gathering data P I. 2) non test Instrument , the form is sampling. It is used for gathering the personality concept data, parent role and self study. The technic analysis in this researc used linier reretion, simple corelation, multiple regeretion and also partial corelation, with used normality, homogenity and linierity.

The result of this research shows that :

First, there is contribute and also significant between personality concept and the result of Islamic education. It means personality concept is influential to the result of Islamic education. It’s correlation co’effesien is 0,518 and the determination co’effesion is 0,268 we can conclude that 26,8 % varians score of Islamic education is determined by personal concept variable. The regreation equivalence Y = -1,795 + 0,207 XI.
Second, there is contribute and significant between parent role to the result of Islamic education. It means parent role is influential to the result of Islamic education. It’s correlation coe’ffesien is 0,498 and the determination co’effesien is 0,248 we can conclude that 24,8 % varians score of Islamic education is determined by parent role variable, the regretion equivalence Y = 3,685 + 0,171 X2.
Third, there is contribute and significant between self study to the result of Islamic education. It means self study is influential to the result of Islamic education. It’s correlation coe’ffesien is 0,631 and the determination co’effesien is 0,398, we can also conclude that 39,8 % varians score of Islamic education is determined by self study variable, the regretion is Y = 25,856 + 0,346 X3
Fourth, there is contribute and significant between self study to the result of Islamic education. It means that there is contribute among personal concept, parent play and discipline altogether with the result of Islamic education. Its correlation coeffisien is 0,742 and determination coeffisien is 0,551. We can conclude that 55 % varian score of Islamic education is determined by personal concept, parent play, and discipline learning antogether with the result of Islamic education. The regretion equivalence is Y = 42,213 XI + 0,0059 X2 + 0,252 X3
The result of this research is hoped to contribute of education service at Bandar Lampung. It is also hoped as a decision maker for the head master, as a refferention and information for the teacher (obligation and work motivation), and as an input for the society (increase and monitory education) so that the goal of this research can increase the result of Islamic education.

http://digilib.unila.ac.id